10 Amalan Hari Jum’at, Saatnya Belomba-Lomba Cari Pahala

Bagi umat Islam, hari Jum’at adalah hari yang istimewa. Karena, ada ibadah yang secara khusus dilakukan hanya pada hari Jum’at. Tentu kamu tahu dong ibadah apa itu? Bener banget, sholat Jum’at bagi lelaki muslim.

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al Jumu’ah: 9-10)

Keistimewaan hari Jum’at ternyata bukan hanya sekadar menjadi hari raya tiap pekan saja, lho. Khusus hari Jum’at, ada banyak amalan sunnah yang bisa kamu kerjakan. Tentu saja kamu bisa mengerjakan semuanya dan berlomba-lomba mendapatkan banyak pahala.

Melakukan amalan sunnah ini bukan hanya dikhususkan bagi muslim laki-laki saja, lho. Muslim perempuan pun juga bisa banget mengamalkan amalan sunnah ini.

Memperbanyak Sholawat

Bershalawat
islami.co

Sholawat memang dianjurkan untuk dibaca setiap hari, kita bisa memperoleh pahala dan juga syafaat dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kelak di Yaumil Kiyamah. Apalagi jika kita membacanya pada hari Jum’at.

Seperti satu hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi,

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Ada juga hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah,

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang diantara kalian bershalawat kepadaku kecuali shalawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai“. (HR. Ibnu Majah)

Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Al-Qur'an
idntimes.com

Sunnah selanjutnya adalah membaca surat Al-Kahfi. Amalan ini bisa dikerjakan siapa saja, laki-laki atau permpuan, semua bisa. Kamu bisa memulainya dari awal Jum’at, yaitu hari Kamis setelah sholat maghrib sampai ketika matahari terbenam di hari Jum’at. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits,

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani)

Memperbanyak Doa

Berdoa
prayerinislam.com

Ketika memasuki hari Jum’at, sebisa mungkin kita memperbanyak doa. Lalu kapan sebaiknya kita membaca doa tersebut? Ada sebuah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menyebut bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata,

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Satu waktu yang dimaksud dalam hadits di atas adalah waktu-waktu terakhir di hari Juma’at. Kapan itu? Saat menjelang maghrib, ketika matahari akan terbenam di akhir hari Jum’at.

Saat hari Jum’at, kia juga dianjurkan untuk memperbanyak doa dan mengingat Allah lebih banyak. Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya“. (HR. Bukhari)

Memperbanyak Dzikir

Berdzikir
thoughtco.com

Tentu bukan hari Jum’at saja kita bisa berdzikir mengingat Allah. Kapanpun itu bisa kita lakukan, dari Senin sampai Ahad. Tapi, ketika memasuki hari Jum’at, kita dianjurkan untuk memperbanyak berdzikir. Seperti yang ada di dalam surat Al-Jumu’ah ayat 9,

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…”

Kita bisa membaca banyak dzikir, mulai dari istighfar, tahlil, takbir, tahmid, dan dzikir lainnya yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Banyaknya tidak ada ketentuannya, kamu bisa berdzikir sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan.

Mandi Jum’at

Mandi merupakan rutinitas kita sehari-hari, tapi ketika memasuki hari Jum’at, ketika kita mandi, kita melakukan sunnah hari Jum’at. Terutama untuk laki-laki yang akan berangkat ke masjid untuk sholat Jum’at.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan bukan hanya sunnah saja hukumnya, ada beberapa ulama yang menjadikan mandi Jum’at hukumnya wajib.

Seperti yang tertera dalam sebuah hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Mandi pada hari Jum’at adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengenakan Pakaian Terbaik

Pakaian Terbaik
instagram.com

Setelah mandi kita juga dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik. Gunakan pakaian yang paling baik untuk pergi ke masjid dan melaksanakan sholat Jum’at.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda,

“Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

Membersihkan Diri & Menggunakan Minyak Wangi

Kalau sudah mengenakan pakaian terbaik, jangan lupa semprotkan parfum biar makin wangi.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menyegerakan Berangkat ke Masjid

Jika badan sudah bersih, pakaian rapi, dan wangi, kita bisa segera pergi ke masjid. Jangan menunda-nunda berangkat, soalnya menyegerakan diri pergi ke masjid adalah salah satu sunnah di hari Jum’at.

Anas bin Malik berkata,

“Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at” (HR. Bukhari).

Perbanyak Sholat Sunnah Sebelum Khatib Naik Mimbar

Setelah sampai di masjid, lakukan dulu sholat tahiyatul masjid, setelah itu baru deh kamu bisa melakukan shalat sunnah lainnya.

Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi kemudian datang untuk shalat Jum’at, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at tersebut sampai Jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menerangkan kalau kita disuruh memperbanyak sholat sunnah sebelum khatib naik ke atas mimbar. Selain itu, hadits di atas juga memberitahu kita kalau khatib sudah naik mimbar, kita dilarang berbicara.

Tidak Memeluk Lutut

Ketika khatib sedang berkhutbah, kita dilarang untuk duduk dengan memeluk lutut. Larangan tersebut disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam dalam sebuah hadits hasan yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi dari Sahl bin Mu’adz bin Anas.

Ia Mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang Al Habwah (duduk dengan memeluk lutut) ketika khatib sedang berkhutbah. Maka ketika kita menghindarkan diri dari perilaku Al Habwah bisa menjadi sebuah amal ibadah.

2 thoughts on “10 Amalan Hari Jum’at, Saatnya Belomba-Lomba Cari Pahala”

  1. Banyak sekali kesempatan untuk berbuat baik dengan pahala yang besar di hari jumat, sehingga kesempatan ini harus diambil selama masih ada waktu untuk hidup

Leave a Comment